Survei Pemilih Milenial, Partai Ummat 10 Besar & Dua Kali PAN

Survei yang dilakukan oleh Center of Political Communication Studies (CPCS) menunjukan elektabilitas Partai Ummat dikalangan generasi milenial dan Z masuk kedalam 10 besar. Partai Ummat mendapatkan kepercayaan sebesar 2% atau dua kali lipat dari Partai Amanat Nasional (PAN) yang hanya mendapatkan elektabilitas sebesar 1%. Hasil ini menguatkan hasil survei sebelumnya yang menunjukan bahwa elektabilitas Partai Ummat sudah melampaui Partai Amanat Nasional.

Hasil ini tentu mengejutkan mengingat Partai Ummat adalah parta baru yang baru sekitar 2 bulan dan secara resmi belum ditetapkan sebagai peserta pemilu dan proses pembentukan kepengurusan partai juga masih dalam proses. Dukungan masyarakat kepada Partai Ummat telah meningkatkan keyakinan bahwa partai ini dapat bersaing pada pemilu 2024 nanti, sebagaimana dijelaskan Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi yang menetapkan target dua digit perolehan suara pada pemilu 2024 mendatang.

Partai yang masuk kedalam 10 besar elektabilitas dikalangan pemilih diantaranya adalah PDIP (17,6%), Partai Gerindra (13.4%), Partai Demokrat (10,3%), PKS (9,3%), Partai Golkar (7,7%), PSI (5%), PKB (4,3%), Nasdem (3,7%), Partai Ummat (2%), PPP (1,4%) dan sisanya mendapatkan elektabilitas 1% atau dibawahnya. Survei ini dilakukan periode 1-10 Juni 2021 dengan jumlah sampel 1.200 dengan rentang usia 16-39 tahun dengan margin of error +2,9% dan tingkat kepercayaan 95%.

***